Sosialisasi Siswa Penerima Bantuan PIP/KIP
Bertempat Di Aula SMKN Ihya’ Ulumudin, telah dilaksanakan sosialisasi siswa – siswi yang mendapatkan bantuan PIP/KIP (08/10/21).Saat sosialisasi para siswa - siswi yang mendapat bantuan PIP/KIP ini melakukan pengisian formulir dan mengumpulkan berkas persyaratan.Karena masa pandemi covid-19 yang melanda bangsa Indonesia hampir 2 tahun ini, maka prosedur pencairan dana bantuan PIP/KIP dilakukan secara kolektif. Beberapa tahun sebelumnya, setiap siswa datang langsung ke bank yang sudah ditentukan oleh pemerintah.
Dengan pencairan dana secara kolektif, sangat menguntungkan bagi sekolah untuk mengumpulkan data atau berkas siswa.Siswa juga tidak perlu pergi ke bank untuk melakukan pencairan dana, hanya perlu dating ke sekolah untuk mengisi formulir, melakukan pengumpulan berkas persyaratan secara kolektif.Setiap sekolah memiliki kebijakan masing-masing terkait hasil pencairan dana PIP/KIP.Sedangan Di SMKN Ihya’ Ulumudin sendiri, beberapa tahun sebelumnya memang hasil dana PIP/KIP deberikan langsung kepada siswa dan dipegang siswa sendiri.Alhasil disalah gunakan oleh siswa.
Namun tahun ini, pihak SMKN Ihya’ Ulumudin terbuka terhadap siswa.Saat pencairan dana, tetap menggunakan tanda tangan siswa - siswi tersebut dan pihak sekolah tak meminta/mengambil dana apapun dari situ, Kecuali siswa - siswi memiliki tanggungan yang belum tuntas.
“Karena program PIP/KIP ini dari pemerintah yang ditujukan kepada siswa berprestasi dan kurang mampu.Di SMKN Ihya’ Ulumudin ini, memang ekonomi keluarga siswa - siswi nya cenderung menengah kebawah.Maka saya sangat berterima kasih kepada pemerintah karena sudah memberikan program ini.Jadi, bilamana siswa – siswi yang memperoleh bantuan PIP/KIP masih mempunyai tanggungan, maka pihak sekolah akan mengarahkan siswa – siswi tersebut untuk memenuhi tanggungannya terlebih dahulu.Jika tidak ada tanggungan, maka dapat mereka gunakan untuk biaya transportasi sehari hari mereka ke sekolah.” Kata Ibu Linda Nurlaily, S.Pd. selaku narasumber.
Narasumber : Ibu Linda Nurlaily, S.Pd.
Penulis : Yasmin Azzahra
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Memperingati Hari Santri Nasional
Selasa 22 Oktober 2024 SMKN Ihya Ulummudin Singojuruh melaksanakan Upacara Bendera guna memperingati hari Santri Nasional Tahun 2024 dengan tema Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan. K
PTA DAN BANTARA DAY 3
Minggu, 21 Juli 2024. SMKN Ihya Ulummudin Singojuruh melaksanakan kegiatan PTA(Penerimaan Tamu Ambalan) dan BANTARA yang dilaksanakan di Jeongmara Campuhan Sragi, Songgon. Diikuti oleh
PTA DAN BANTARA DAY 2
Sabtu, 20 Juli 2024. SMKN Ihya Ulummudin Singojuruh melaksanakan kegiatan PTA(Penerimaan Tamu Ambalan) dan BANTARA yang dilaksanakan di Jeongmara Campuhan Sragi, Songgon. Diawali denga
PTA DAN BANTARA DAY 1
Jum'at, 19 Juli 2024, SMKN Ihya Ulummudin Singojuruh melaksanakan kegiatan PTA(Penerimaan Tamu Ambalan) dan BANTARA yang dilaksanakan di Jeongmara Campuhan Sragi, Songgon . Seluruh pan
MPLS H4
Kamis, 18 Juli 2024. SMKN Ihya Ulummudin Singojuruh melaksanakan kegiatan terakhir MPLS. Dengan diawali apel pagi dengan pembina Ibu Wella Suci Devinta, S.E , dilanjutkan dengan melaksa
MPLS H3
Rabu, 17 Juli 2024. SMKN Ihya Ulummudin Singojuruh melaksanakan kegiatan MPLS hari ke-3. Diawali dengan kegiatan apel pagi yang dibimbing oleh drg. Ibu Indah Dwi E, M.Kes. Dilanju
MPLS H2
Selasa, 16 Juli 2024 SMKN Ihya Ulummudin Singojuruh melaksanakan kegiatan MPLS hari ke-2. Diawali dengan Apel pagi yang dibimbing oleh Bapak dari KAPOLSEK Singojuruh dilanjutkan dengan
MPLS H1
Senin, 15 Juli 2024 SMKN Ihya Ulummudin Singojuruh melaksanakan kegiatan MPLS hari ke-1. Diawali dengan Upacara pembukaan oleh Bapak Yogi Adinoto, M.M. sebagai pembina upacara, dilanjut
PRA MPLS H2
12 Juli 2024 SMKN IHYA'ULUMUDIN SINGOJURUH mengadakan pra MPLS hari kedua, diawali dari apel pagi di sekolah yang di bimbing oleh Bapak Suraji, S.pd. Dilanjutkan sarapan bersama dan pem
PRA MPLS H1
11 Juli 2024 Kegiatan awal dalam rangkaian pra MPLS Tahun Ajaran 2024/2025. Kegiatan ini dibuka dengan apel pagi oleh bapak Tomi Rachmad Santoso, S.Pd,MM sebagai pembina apel sekaligus