• SMK NEGERI IHYA' ULUMUDIN
  • Keindonesiaan, Keimanan, Kewiraswastaan

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMK Negeri Ihya' Ulummudin Singojuruh

SMK Negeri Ihya Ulumudin Singojurih telah melaksanakan kegiatan MPLS
tahun pelajaran 2023/2024 mulai dari hari Senin, 17 Juli - Jum'at, 21 Juli 2023. Yang sebelumnya sudah melaksanakan pra-MPLS pada hari Kamis, 13 Juli - Jum'at, 14 Juli 2023.
Masa pengenalan lingkungan sekolah sangatlah penting dilaksanakan pada siswa baru
dan termaksud ketentuan penyelenggaraan MPLS diatur secara khusus dalam permendikbud Nomor 18 tahun 2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru.
MPLS merupakan sebuah sarana untuk pengenalan peserta didik baru terhadap
lingkungan sekolah, progam yang ada di sekolah, pengenalan belajar di sekolah, konsep diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. Pelaksanaan MPLS bagi peserta didik baru dapat mewujudkan kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif.
Khusunya di SMKN Ihya' Ulummudin Singojuruh yang telah melaksanakan kegiatan MPLS
Pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru diikuti oleh 500 lebih siswa
"Sesuai dengan rombel jumblah tahun ini kurang lebih 500 siswa, sesuai dengan surat edaran yang ditentukan oleh cabang dinas Provinsi Jawa Timur wilayah Kabupaten Banyuwangi." Ujar Ibu Hermi Handayani, S.Pd.
Pada Senin, 17 Juli 2023 MPLS di SMKN Ihya' Ulummudin Singojuruh merupakan hari
pertama pembukaan kegiatan MPLS yang dibuka langsung oleh Bapak Mohamad Maliki, M.Pd. selaku kepala UPT. Dilanjutkan dengan pembinaan oleh Bapak Ibu guru pemateri tentang pengenalan tatib sekolah, pengenalan kurikulum, pengenalan Humas dan Dudi. Sedangkan pada hari Selasa, 18 Juli 2023 dibina langsung oleh Bapak TNI AD/KORAMIL Singojuruh dengan materi bela Negara dan kedisiplinan.
Hari Kamis, 20 Juli 2023 MPLS SMKN Ihya' ulummudin Singojuruh dimulai kegiatan apel
pagi langsung dilaksanakan pembinaan oleh Kapolsek Singojuruh Bapak AKP Arif Wahyudi, S.H. mengenai tertib lalu lintas dan bahaya narkoba, setelah itu dilanjutkan materi budaya kepesantrenan dan etika bersosmed oleh Bapak Ibu guru pemateri.
Hari Jum'at, 21 Juli 2023 merupakan hari yang sangat penting bagi siswa baru dimana
hari ini merupakan hari terakhir kegiatan MPLS. Penutupan kegiatan MPLS ini memiliki banyak kegiatan positif, seperti senam pagi, jalan sehat dan BAKSOS (bakti sosial) di lingkungan sekolah. Selama enam hari berjalannya kegiatan pra-MPLS dan MPLS berjalan dengan lancar dan kondusif.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PRA MPLS H1

11 Juli 2024 Kegiatan awal dalam rangkaian pra MPLS Tahun Ajaran 2024/2025. Kegiatan ini dibuka dengan apel pagi oleh bapak Tomi Rachmad Santoso, S.Pd,MM sebagai pembina apel sekaligus

26/07/2024 11:20 - Oleh itsupport - Dilihat 33 kali